Senin, 12 Oktober 2015

Tutorial: Kuncian Tali Busur dan Cara Memegang Gagang Busur

 

Tutorial: Kuncian Tali Busur dan Cara Memegang Gagang Busur

A. Kuncian Tali Busur

Mandal (B. Turki) atau locking atau kuncian kepalan untuk mengaitkan tali busur pada jempol dan melakukan drawing ada 6 jenis dengan kode: 63, 69, 72, 73, 83, 24 sesuai Gambar I. Dari kelima jenis kuncian tersebut saling memiliki kekurangan dan kelebihan serta penggunaannya masing-masing. Tapi kuncian yang paling baik dan paling mudah adalah kuncian 63 dan 69. Kode-kode ini berasal dari kodifikasi sandi angka yang biasa digunakan oleh Orang Arab dan Militer Daulah Islam dahulu.

Kuncian 63: kelingking, jari manis dan jari tengah menekuk dengan ujung2nya menekan daging pada dasar jari yang menonjol. Jempol menekuk di bawah telunjuk lalu telunjuk mengunci jempol dengan kuku jempol terletak pada ruas kedua telunjuk dan ujung jempol menempel pada sisi sendi kedua jari tengah.

Kuncian 69 sama dengan kuncian 63 hanya jari kelingking, jari manis dan jari tengah pada posisi lurus menyandar pada telapak.

Tali busur diletakkan pada sendi pertama jempol.

Kuncian 63 dan 69 ini juga menjadi dasar yang digunakan oleh berbagai Mazhab Panahan dan masing-masing melakukan modifikasi seperti pada Gambar II.

Mazhab Abu Hashim Al Mawardi memodifikasi dengan posisi ruas pertama jempol yang rada miring dengan ujung jempol menempel pada ruas kedua jari tengah, sehingga membuat telunjuk menjuntai.
Mazhab Tahir Al Balkhi memodifikasi dengan posisi jempol sedikit menekan sehingga telunjuk dapat turut menyangkut di tali busur utk membantu menarik.

Mazhab Ishaq Ar Raqqi memodifikasi dengan ujung jari telunjuk sedikit menyentuh tali busur.

B. Cara Memegang Gagang Busur (Gambar III)

Mazhab Abu Hashim Al Mawardi memegang gagang dengan lurus dan anak panah melalui dasar jempol. Modifikasi lain adalah jempol diletakkan di atas jari tengah dan telunjuk menjulur.
Mazhab Tahir Al Balkhi memegang gagang dengan pergelangan tangan yg dibengkokkan ke dalam dan anak panah melalui ruas kedua jempol.

Mazhab Ishaq Ar Raqqi memegang gagang secara pertengahan antara lurus dan pergelangan tangan dibengkokkan dengan ujung telunjuk menyentuk ujung jempol yg ditekuk dan anak panah melalui dasar jempol dan di antara gagang dan sendi jempol.

Cara memegang busur yang dianggap paling baik adalah cara Mazhab Ishaq Ar Raqqi karena paling kokoh, lincah dan aman.

Cc: Mas Arif Abdurrahman, bener ya Pak Adam Swoboda pake teknik mazhab abu hashim



by: irvan pani abu aqilah
admin group ‎Semua Tentang Horsebow & Thumb Draw Archery

2 komentar:

  1. Assalamu alaikum, saya belajar dengan cara thumb draw ini arrow kebanyakan/cenderung meleset ke sebelah kanan target. Apa boleh untuk sementara saya belajar membidik agak kesebelah kiri dulu supaya lebih mendekati target? Apasaja kira-kira faktor yang menyebabkan arrow cenderung meleset ke sebelah kanan target? Terimakasih Kang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalaam.. membidik adalah rahasia terdalam dari memanah, kadang satu orang dengan orang lain memiliki cara bidik yang berbeda.

      sedangkan jika arrow lari ke sebelah kanan, biasanya karena pada saat ditarik, arrow memang tidak lurus ke arah target.

      wallohu a'lam

      Hapus