Rabu, 06 Januari 2016

Cara Membuat Shaft Anak Panah Bambu Dengan Dowel Maker Sederhana


Cara membuat shaft/batang anak panah yang lurus dan bulat sempurna dengan dowel maker bikinan sendiri itu tidak sesulit yang anda bayangkan. Tidak juga diperlukan mesin besar untuk membuatnya. Kali ini saya akan memposting video yang dibuat oleh rekan saya, Kang Damar.

Saya memilih video ini untuk dipublikasikan diblog panahan ini karena video ini cukup singkat, mudah dipahami dan hanya menggunakan alat yang sederhana yang biasa kita temui di dalam kotak peralatan pertukangan sehari-hari.

Di dalam video singkat ini, beliau menunjukkan cara mudah untuk membuat shaft anak panah dengan alat yang ringkas, antara lain:
  1. Mesin bor tangan
  2. Alat serut yang dibuat dari pahat kayu
  3. silider/pipa kecil 
Alat serut/pahat kayu bisa anda pasang dengan menggunakan kerucut dari lempengan seng yang ditekuk, bisa juga dengan memasangnya diantara 2 kayu tipis. Sesuaikan tebal kayu dengan diameter shaft anak panah yang anda inginkan.


Sebelumnya, bambu dipotong-potong kecil memanjang dengan besar potongan sekitar 1 cm, kemudian sedikit dibuat runcing pada ujungnya agar memudahkan ketika didorong dengan menggunakan mesin bor tangan.

Berikut ini beberapa bentuk alat sederhana pembuat shaft anak panah:

dengan pisau serut kayu


Dengan pahat kayu
saat batang kayu / bambu didorong dengan bor
Cara kerja alat ini sebenarnya sangat sederhana sekali, mirip dengan peraut pensil yang biasa kita gunakan untuk menajamkan pensil. Hanya saja dengan ukuran yang lebih besar, disesuaikan dengan besarnya anak panah yang akan kita buat.

Rata-rata diameter anak panah yang dibuat antara 7-8mm. Untuk panjangnya, menyesuaikan dengan panjang tarikan kita. Untuk anak panah horsebow, saya menyarankan untuk membuatnya dengan panjang minimal 85cm, hal ini untuk memaksimalkan tarikan arrow saat draw dan juga lebih aman - agar tidak terjadi over draw - yang bisa menyebabkan menancapnya arrow pada sisi bow hand. 

Setelah shaft selesai dibuat, anda bisa mengikuti tutorial selanjutnya tentang cara memasang bulu / banes pada shaft anak panah.

Terakhir...
Membuat shaft anak panah merupakan keahlian yang harus dilatih hari demi hari untuk mendapatkan hasil yang sempurna, sampai kita benar-benar paham dan mengerti karakteristik kayu/bambu yang akan kita buat menjadi anak panah.

Hasil akhir dari shaft ini akan lebih bagus lagi jika anda perhalus dengan menggunakan amplas nomer 400. Shaft akan lebih halus dan mulus. Sangat enak dan tidak menyakitkan ketika dipakai untuk berlatih.

Sekian tutorial singkat cara membuat shaft / batang anak panah dengan menggunakan alat sederhana yang ada di sekitar kita. selamat mencoba...

8 komentar:

  1. Penjelasannya lengkap nih mas.. izin buat referensi mas..
    Terimakasih bnyak infonya..

    BalasHapus
  2. SubhanaAlloh Salam Silaturrahim Kang Roy disini Mr Dwi Batman

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah....
      semoga Allah mempertemukan kita dalam kebaikan :)

      Hapus
  3. Tutorialnya sangat bermanfaat. Ijin copy and share ya kang...

    BalasHapus