Mengapa Aku Memilih Horse Bow - Sebuah Catatan Pribadi Kang Roy - 1

Hi.. it's me Kang Roy!

Panahan memang sudah menjadi bagian dari berbagai kebudayaan besar di dunia ini. Hampir di setiap suku memiliki tradisi panahan, baik berupa self bow, flat bow ataupun horsebow dan yang lainnya. Dengan menggunakan anak panah yang beragam jenis dan bentuk serta bahan dasarnya.

Sekitar 1 tahun ini saya mencoba belajar menggunakan busur standar perpani dengan berat tarikan 32# dan menghabiskan 2 lusin anak panah, entah itu karena hilang di antara rimbunnya rumput lapangan PPLP Jogja, patah, rusak bulunya atau sebab lain. :)

Panahan disebut-sebut mampu meningkatkan konsentrasi, fokus dan kesabaran, keberanian untuk memutuskan dan mengambil keputusan pada saat yang tepat, melatih kekuatan otot dan memori otot. Dan masih banyak lagi keuntungan lain ketika kita berlatih panahan dengan rutin.

First Contact...

Suatu ketika... cie...
Dalam satu waktu latihan rutin, ada seorang rekan pemanah yang membawa busur mungil, unik, dengan hiasan macam batik di sekujur tubuh. Yup, Korean Bow. entah apa nama dan merknya. :)

Mulai saat itulah timbullah cinta di dalam hati ini dengan busur mungil yang belakangan baru saya ketahui nama bekennya adalah horsebow. Mungil, unik, ringan, kuat, powerful. Mungkin itu gambaran pertama kali ketika saya menggunakan busur horsebow tersebut.

Setelah itu, saya mulai mencari-cari informasi mengenai horsebow, googling tentunya, baca sana-sini, cari fb group, hingga ketemulah dengan beberapa teman-teman yang telah lebih dahulu mendalami horsebow. Dahsyat..!!! banyak ilmu yang bisa saya gali disini. Terlebih lagi, banyak sejarah horsebow dari berbagai belahan dunia yang perlahan mulai memunculkan kebanggaan ketika membawa dan mendalami tekniknya.

Horsebow bukanlah sekedar panahan suka-suka bahkan hura-hura. Horsebow adalah bagian dari sejarah kita. Muslim. Dan kini, para pencintanya sedang menghidupkan lagi sejarah yang terputus tersebut. Menggali-gali lagi ilmu-ilmunya yang telah lama terkubur. Memunculkan kembali keanggunan busur horsebow dan menumbuhkan kembali kekuatannya ketika menaklukkan dunia hingga lebih dari 1000tahun!

Horsebow, its fast!

Pernahkan kau tengok2 video di youtube, atau video dari facebooker malaysia yang sedang beraksi dengan busurnya? Busur apa yang bisa dengan cepat menembakkan banyak anak panah dalam hitungan detik? Right, its horsebow!

Saya memang belum menemukan video memanah cepat dengan menggunakan busur lain macam self bow, flat bow, standard bow, ataupun compound. Atau mungkin saya sudah terhipnotis dengan gaya panahan dari Cozmei Mihai atau horsebow master lainnya hingga busur selain horsebow terlewatkan... :)

Untuk saat ini.. saya, Kang Roy memang bukanlah pemanah handal yang mampu menembakkan 1 anak panah dalam 1 detik. Gak percaya... Liat saja di video dibawah ini :)



Itu adalah aksi coba-coba saya dengan menggunakan busur horsebow buatan saya sendiri. hehe..
Rata-rata baru bisa menembakkan anak panah setiap 5 detik sekali. Kalo Anda cermati dengan baik di video di atas, ada 2-3 anak panah yang tidak menancap di papan target, Anda bisa dengarkan suaranya. hehe..

Kalo ingin menyaksikan aksi saya yang lain, silakan kunjungi channel kang roy disini.

Ini juga salah satu alasan mengapa saya memilih horsebow, lebih keren! Apalagi ketika melakukan teknik blind nocking atau fast blind nocking, wuu.. mantap!
Mata tetap mengarah di papan target sembari tangan kanan menyambar anak panah lalu memasangnya di string. crep dan pas!

Rasakan Bedanya

Meskipun baru beberapa bulan ini menekuni teknik thumbdraw dengan menggunakan horsebow buatan sendiri, saya merasakan bahwa teknik ini lebih liar, lebih susah dijinakkan, bila dibandingkan dengan teknik 3 finger. Menantang..!

Saat membidik pun 100% insting kita yang bekerja, benar-benar melatih insting untuk selalu fokus menembak papan target dengan tepat. Harus dilatih dengan rutin dan disiplin agar tubuh terbiasa dengan perbedaan jarak target dan kekuatan busur.

Kalo kata para master horsebow... 60% archer 40% bow, itu adalah rasio skil dan alat yang digunakan. Archer benar-benar dituntut untuk menguasai teknik dengan benar untuk mendapatkan bidikan yang tepat sasaran.

bersambung - Insya Allah... :)

Komentar

  1. Keren mas blognya... sy pernah liat di youtube cara buat busur dari pvc.. kalau busur yg mas buat bahanya dr apa ya? jd pgen buat sndiri...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog curhat aja kok mas :)
      Busur yang saya buat dari fiberglass dan carbon fiber.

      Pvc dulu pernah buat, tp krn ketahanannya kurang, saya beralih ke kedua bahan tadi.

      Hapus
  2. Keren mas.. saya juga tertarik dengan horse bow. rencananya liburan semester ini mau buat satu horsbow menggunakan fiberglass. nanti bolehkan kang roy share ilmunya dikit ke saya?hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah... sama sama belajar mas :)

      Hapus
  3. Mau dong mas tutorial nya bikin horsebow...pengen buat juga...
    bagi2 ilmu biar barokah...amiin

    BalasHapus
  4. Mas saya boleh pesan 1 buat latihan

    BalasHapus
  5. Kang, saya baru belajar memanah, pertama beli busur yg model recurve yg bisa bongkar pasang, baru sebulan udah ancur limbnya.. trus saya liat video kang roy, saya tertarik sama horsebow.. akhirnya saya beli.. dan ternyata tarikannya 60lbs berat kang hehee.. tapi lama2 terbiasa.. cuma agak kurang "titis" karena horsebow gak ada dudukan untuk anak panah.. baru sehari saya udah ngancurin 4anak panah kang hehee.. saya mohon pencerahannya klo horsebow 60 lbs sebaiknya pake anak panah model apa ya? makasih kang sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. masya Allah.. alhamdulillah..
      untuk busur 60lbs diperlukan penguasaan teknik yang baik. agar bidikan bisa tepat sasaran.

      diperlukan juga anak panah yang sesuai spine nya. agar lesatan arrow lurus dan tidak meliuk liuk.

      perkuat otot dengan latihan tarik,tahan,kendorkan. tiap pagi dan sore.
      agar otot terbiasa dengan busur tersebut.

      Hapus
  6. Saya baru belajar memanah, Horse Bow yang recommended ukuran berapa ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah.. semoga istiqomah :)
      ukuran busur ya... mmm cari yang panjang stringnya maximal 120cm.
      untuk berat tarikan busur, cari yang 30-40 lbs saja dulu.
      agar otot terbiasa dan terbentuk

      Hapus
  7. jual busur juga mas?
    Tampilan busur sampean apik tenan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, saya jual busur :)
      Silakan kontak ke WA 081804203044 untuk melakukan pemesanan

      Hapus
  8. Assalamualaikum kang roy, ana tertarik sama artikel antum, ana pengen belajar pakai horsebow tapi mata ana cross dominance atau mata kidal, itu solusinya gimana kang, apa horsebow ada busur kidalnya kang, kalo standarbow,recuveBow kan ada kidalnya cuma susah nyarinya. Mohon penjelasannya kang roy, jazzakallahhu khairon, wassalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikumussalaam... alhamdulillah...
      busur horsebow ini busur yang bisa dipakai untuk Left Handed maupun Right Handed archer. no problem.
      Saya ada beberapa teman yang memakai busur horsebow dengan tangan kidal dan mereka nyaman2 saja. :)

      Hapus

Posting Komentar