Cara Merawat Busur Horsebow Dengan Benar



Sebuah busur terutama busur horsebow sebenarnya tidak membutuhkan banyak perawatan yang rumit, akan tetapi Anda perlu menjalin hubungan pribadi dengan busur Anda. Ya, kalo menurut pengalaman saya.. kita sepert memiliki hubungan spesial dengan busur kita.

Lepas Tali Busur

Lepaskan sring/tali busur saat tidak digunakan. Cara terbaik untuk menyimpan string busur adalah dengan memasang salah satu loop string pada satu ujung busur/siyah dan ujung tali/string yang lainnya melekat pada limbs busur, atau mudahnya... lilitkan string melingkari busur Anda.

Ini adalah cara terbaik dan efisien, mengapa? karena kita tidak perlu lagi mencari sting busur di tempat lain. Busur dalam kondis siap dipasang stringnya.

Gosok String Dengan BeesWax

Gosok string busur Anda dengan lilin lebah/beeswax seminggu sekali, atau beberapa kali dalam sebulan- JANGAN pernah gunakan parafin. Ganti string jika sudah terlihat aus/usang karena pemakaian, seperti strand yang putus, serving yang kurang bagus, dll.


Lindungi busur dari panas atau dingin

JANGAN PERNAH meninggalkan busur di dalam mobil pada hari musim panas. Busur bisa mengalami twist/melintir dan string menjadi tidak enter lagi. Hal ini juga bisa terjadi jika Anda meletakkannya/menyandarkan dalam kondisi berdiri di dinding atau di sudut ruangan dalam jangka waktu yang lama.

Cari/buat rak busur yang bisa menopang busur dengan baik dan juga sebagai ajang pameran busur indah Anda.

Adapun bagian kulit pembungkus, baik di handle atau limbs, gunakan produk perawatan kulit yang baik yang dapat ditemukan di toko kulit atau produsen/perajin kulit.

Demikian beberapa cara perawatan busur horsebow yang baik agar busur kita tetap dalam kondisi prima saat akan digunakan dalam berlatih.

dari berbagai sumber

Komentar