Sabtu, 25 Mei 2019

Memilih Shaft Yang Lurus Untuk Anak Panah

Kang Roy memilh shaft

Memanah, artinya gabungan 5 aspek yang senantiasa bersinergi yaitu pemanah, busur, tali busur, gustuwan dan anak panah. Dan diantara ke 5 aspek tersebut, bagian yang paling banyak terkena pembebanan energi dan yang paling banyak bergerak adalah anak panah. Sehingga fokus kita dalam mencapai akurasi maksimal akan sangat ditentukan oleh anak panah yang kita pakai, meskipun... kita tidak boleh meninggalkan aspek lainnya.

Akurasi adalah hal yang paling dicari oleh semua pemanah di semua zaman. Ini tantangan paling besar dalam memanah. Apalagi target di jarak yang jauh, tentu akan memunculkan kebahagiaan tersendiri ketika akurasi kita tinggi. Selain sang pemanah harus menguasai busur dan tekniknya dengan baik, Anak panah mengambil peran penting dalam akurasinya.

Tingkat presisi anak panah dimulai dari memilih bahan shaft yang tepat, shaft yang lurus dengan seratnya yang lurus dan tidak bersilangan, tingkat kepadatan yang sama di setiap inchinya serta kehalusan permukaan yang mantap untuk memperkecil gaya gesekan dengan udara.

Semakin lurus bahan shaft yang dipakai untuk anak panah, maka akan semakin mulus pula kurva orbit lesatannya, dan tentu akan semakin mudah pula diarahkan menuju target yang diinginkan.

Hal ini tentu menjadi tantangan besar bagi para arrow maker, mengingat... bahan untuk anak panah yang biasa dipakai adalah bahan organik, yaitu kayu atau bambu. Sangat sulit untuk menemukan atau membuat shaft anak panah yang benar2 memenuhi syarat2 tadi. Meskipun shaft sudah diproses dengan menggunakan mesin dowel canggih pun, terkadang karena suhu dan kelembaban udara, menjadikan shaft yang semula lurus, menjadi bengkok. Bahkan, seringkali anak panah akan bengkok setelah membentur dan menancap di target.

Sungguh, tidak mudah berurusan dengan bahan alam. Tapi bagi saya... ini adalah tantangan yang harus ditaklukkan. Kita harus pandai-pandai memilah dan memilih shaft yang cocok untuk anak panah yang akan kita gunakan nantinya.

Apalagi... ketrampilan meluruskan anak panah adalah seni yang hampir punah. Kita sudah terlalu sering dimanjakan dengan anak panah berbahan modern pabrikan, yang sangat jarang kita temui kekurangan di anak panah tersebut. Sehingga kemampuan alami kita dalam meluruskan shaft menjadi tumpul bahkan hilang.

Memang... anak panah yang lurus, tidak selamanya melesat dengan lurus, tapi setidaknya akan membantu menambah akurasi pemanah. Tapi... hampir bisa dipastikan, anak panah yang bengkok, akan sulit sekali mencapai target dengan baik.

Ingat kaidah wajib dari anak panah...

Semakin presisi anak panahnya, semakin tinggi pula akurasinya

Kang Roy
Arrow Maker Indonesia

http://bit.ly/081804203044
https://www.bukalapak.com/u/kang_roy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar