Rabu, 22 Mei 2019

Rahasia Teknik Fast Shooting / Memanah Cepat by Kang Roy

Fast shooting atau memanah cepat dalam khazanah panahan tradisional dengan menggunakan horsebow adalah sebuah skill wajib bagi seorang pemanah. Fast shooting merupakan puncak ketrampilan dalam memanah secara insting. Bagaimana memori otot mengambil peran paling besar dalam penggunaan teknik ini.

Sehingga, kemampuan ini adalah sebuah keharusan yang wajib dipelajari oleh setiap pelajar pemanah dimanapun dia berada.

Untuk mempelajari teknik ini, diperlukan waktu yang panjang, bisa berbulan-bulan bahkan bertahun tahun. Tentu dengan frekuensi latihan yang tinggi dan tingkat disiplin yang ketat, karena kita sedang membangun insting, membangun memori otot. Tidak bisa instan! Bahkan semua teknik memanah tidak bisa dipelajari dengan instan.

Tentu, ketika kita memanah cepat, maka tidak ada waktu lagi untuk melihat nock anak panah terpasang di string dengan benar. Mata tertuju ke arah target memanah dan jari jemari kitalah yang berperan dalam melakukan teknik ini. Tanpa melihat!

Maka, saya merangkum setidaknya ada 3 teknik dasar yang wajib dipelajari dalam rangka mendalami teknik fast shooting, yaitu:
  1. Teknik blind nocking
  2. Teknik fast drawing
  3. Akurasi

3 hal ini adalah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari teknik fast shooting atau memanah cepat. 3 teknik di atas bisa dipelajari secara berurutan, Pertama, pelajari teknik blind nocking, yaitu bagaimana menautkan / memasang anak panah ke tali busur / string tanpa melihat. Biasakan jari jemari kita merasakan posisi nock dan memasangkan ke string tanpa diikuti oleh panduan mata kita. Feel the arrow...

Setelah anak panah terpasang dengan baik di string, maka teknik selanjutnya adalah fast drawing, atau tarik string busur dengan cepat, lalu lepaskan setelah full draw. Di awal-awal, mungkin kita akan sedikit rasa takut dalam menarik tali busur dengan sangat cepat, biasa... khawatir kena jepret dari tali busur kita sendiri. Tapi hal ini wajar, karena baru kita baru belajar.

Yang terakhir adalah akurasi, atau ketepatan. Seringkali, kita sudah bisa memanah dengan cepat, tapi akurasinya amburadul. Kita mengejar kecepatan tembak, tapi tanpa memperhitungkan perkenaan anak panah di bantalan target. Sehingga akurasinya buyar. Maka, perbaiki akurasi sembari mempercepat laju nocking dan drawing kita.

Akan tetapi, sebelum masuk mempelajari teknik ini, peralatan memanah harus disiapkan dengan seksama. Karena hal ini akan mempengaruhi kecepatan kita dalam mendalami teknik memanah cepat ini. Ada beberapa langkah pelajaran awal yang harus dilalui oleh seorang pelajar pemanah dalam mendalami teknik memanah cepat ini. Apa saja? 
  1. Gunakan busur yang ringan tarikannya, 15-20 rotl
  2. Gunakan Kinanah Mamluk (yang menghadap depan)
  3. Gunakan Anak Panah Khusus Fast Shooting
  4. Gunakan anak panah yang banyak, minimal 2 lusin
  5. Latihan tanpa gustuwan / thumbring
  6. Frekuensi latihan yang ketat
  7. Jarak dekat, 3-5 meter
  8. Kuasai 1 teknik saja

Begini secara singkat penjelasannya...

Mengapa saya menyarankan untuk memakai busur yang ringan? Ya agar kita bisa berlatih lama dan tidak mudah capek. Bayangkan kalo kita latihan pake busur 50rotl (lbs), baru 10 rambahan saja, kita sudah KO, karena busurnya berat. Ingat, 10 rambahan di fast shooting, gak sampe 5 menit lho. Sehingga akan lebih nyaman jika kita berlatih dengan menggunakan busur yang tarikannya lebih ringan.

Busur Horsebow


Kinanah mamluk/side quiver adalah quiver yang sangat bagus bagi pelajar pemanah untuk mendalami teknik fast shooting ini. Kemudahan dalam memakai, memasang serta menggunakan quiver jenis ini sudah tidak diragukan lagi.

Quiver jenis ini, juga memudahkan kita dalam mencabut anak panah saat melakukan teknik ini. Separator di quiver juga di desain agar anak panah tidak bertumpuk saat pelaksanaan teknik ini, sehingga kita akan lebih mudah dan cepat dalam mencabut anak panah.

Dan lebih dari itu, kita juga bisa menggunakan sisi lubang yang quiver yang lebih besar jika ingin berlatih dengan menggunakan anak panah yang lebih banyak. efektif dan efisien!

Kinanah Mamluk
Anak panah fast shooting, seperti kita ketahui, haruslah yang mudah digunakan untuk fast nocking + blind nocking. Harus di desain khusus nocknya agar memudahkan para pelajar pemanah untuk  berlatih dan mengembangkan insting mereka dengan lebih cepat. Saya membuat nock anak panah untuk fast shooting seperti gambar di bawah ini, lebih lebar mulutnya. Tentu temen-temen sudah tahu khan maksud dari pembuatan nock seperti ini.

Selain itu, jarak bulu ke dasar nock juga sudah saya perhitungkan dengan cermat, tidak terlalu dekat, sehingga memudahkan kita dalam belajar teknik fast shooting ini. Mudah dicabut, serta bulu tidak rusak. 

Untuk mendapatkan anak panah khusus fast shooting ini, silakan klik link berikut ini: htttp://bit.ly/FastShooting.

Arrow Fast Shooting

video tentang anak panah fast shooting
Dan kita disini sedang melatih memori otot, perlu repetisi atau pengulangan sesering mungkin.

Nah, jika peralatan memanah sudah sesuai untuk berlatih, maka saatnya kita membuat jadwal latihan untuk mendalami teknik fast shooting ini. Latihan harian tidak perlu lama, cukup 30 menit setiap hari, Insya Allah sudah bagus untuk melatih memori otot kita.

Selamat berlatih, dan semoga Allah memberikan kita ketrampilan memanah yang baik.


Kang Roy
Arrow Maker Indonesia
WA: http://bit.ly/081804203044

Tidak ada komentar:

Posting Komentar