Senin, 26 Agustus 2019

Mengapa KangRoy Memilih Arrow Bambu Petung? Part 2




by KangRoy

Indonesia kaya akan berbagai jenis tanaman, salah satunya adalah bambu. Tak kurang dari 76 jenis bambu yang tumbuh di Indonesia ini. Dan kabar baiknya adalah... ada satu jenis bambu istimewa yang bisa dan cocok digunakan untuk bahan shaft anak panah horsebow.

Ya, bambu Petung.
Salah satu jenis bambu dengan daging yang tebal, ruas yang panjang, diameter yang besar, serat yang padat dan lurus. Dengan karakteristik seperti ini, bambu petung sangat cocok untuk bahan shaft anak panah. Apalagi ditambah dengan usia tebang yang matang, sekitar 3 tahunan dan proses penggarapan yang bagus. Insya Allah akan menjadi anak panah yang cakep lesatannya.

Secara umum, shaft bambu petung dengan diameter yang sama... memiliki tingkat kekakuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis shaft lain. Dengan informasi seperti ini, kita bisa menggunakan anak panah dengan diameter yang lebih kecil, tapi tetap mendapatkan shaft dengan spine yang bagus.

Kita tahu bahwa tantangan terbesar dari anak panah adalah angin, artinya... jika kita bisa menggunakan anak panah dengan diameter kecil, maka:
1. gesekan dengan angin akan sangat minim
2. dengan sudut elevasi kecil, hasil lontaran anak panah bisa lebih jauh.
3. anak panah bisa meluncur lebih jauh
4. Lebih mudah mengarahkan bidikan

Di bawah ini adalah percobaan KangRoy antara kekuatan tarikan busur dengan diameter anak panah bambu petung. Percobaan dilakukan dengan menembakkan anak panah sejauh 100m. Dan diteliti bagaiamana profil terbangnya.

Beberapa anak panah sengaja KangRoy tembakkan di bibir pantai untuk mengetahui hantaman angin pantai yang keras terhadap laju anak panah ketika melesat ke target. Dan hasilnya, yang cocok itu...

Busur 35LBS ke bawah = Arrow 6mm
Busur 35LBS - 45LBS = Arrow 6,5mm
Busur 45LBS - 60LBS = Arrow 7mm

Setelah mengetahui hasil percobaan di atas, anda bisa memilih anak panah yang cocok untuk busur anda. Tinggal sesuaikan saja dengan tabel di atas.

Kalo masih bingung mau pakai yang mana, segera kontak KangRoy di wa 081804203044.
Yes! Ready Stock!

Kang Roy
Arrow Maker Indonesia

#ArrowJuara
#ArrowKangRoy
#ArrowHorsebow
#KangRoy
#ArrowMakerIndonesia
#ArrowBambuPetung
#AnakPanahBambu
#AnakPanahIndonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar